Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Google Mengindeks Blog Baru Anda dengan Cepat

Setelah membuat blog, langkah selanjutnya adalah bagaimana caranya blog kita terbaca di mesin pencarian, Google, misalnya.

Cara Membuat Google Mengindeks Blog Baru Anda dengan Cepat

Lalu lintas mesin pencarian adalah kunci untuk membangun sebuah blog yang menguntungkan. Tetapi perlu dicatat, jika Google tidak mengindeks blog Kamu, Jangan harap blog kamu dikunjungi orang. Yakin blog kamu tidak akan mendapatkan satu pengunjung pun.

Jika kamu ingin Google membaca atau mengindeks blog baru kamu dengan cepat, tulisan ini cocok untuk kamu.

Pastikan membacanya Kalem aja…

Hal pertama yang mungkin kamu ingingkan setelah membuat sebuah blog adalah dapat diideks oleh Google. Namun sayangnya, blog kamu tidak terbaca oleh Google. Cape-cape menulis, tapi tidak terindeks oleh Google.

Nah, hal pertama yang perlu kamu ingat adalah: TUlisan di Blog Kamu Harus terindeks oleh Google.

Jadi mari kita simak tulisan yang sangat bermanfaat ini dan diskusikan bagaimana kamu bisa membuat Google mengindeks situs Anda dengan sangat cepat.

Inilah Cara Mendapatkan Google untuk Mengindeks Situs Anda dengan Cepat

Kirim situs web Anda ke Google

Jika Anda ingin Google mengindeks situs baru Anda, Anda harus mengirimkan URL Anda ke Google dari Google Search Console (GSC). Untuk itu, Anda perlu membuat akun gratis di alat webmaster menggunakan akun Google Anda.

Berikut ini adalah tutorial langkah demi langkah sederhana tentang cara mengirimkan situs Anda ke Google sehingga mulai diindeks di hasil pencarian Google.

Langkah 1: Klik di sini untuk mengunjungi Google Search Console. Setelah mengklik tautan, Anda akan diminta untuk memilih jenis properti.

Begini tampilannya;

 

Cara Membuat Google Mengindeks Blog Baru Anda dengan Cepat

Seperti yang Anda lihat di atas, Anda akan menemukan dua opsi. Salah satunya adalah memasukkan nama domain atau awalan URL.

Untuk jenis domain, verifikasi DNS (Layanan Nama Domain) diperlukan sedangkan, untuk awalan URL, Anda dapat menemukan beberapa metode verifikasi.

Langkah 2: Kami menyarankan Anda untuk mencoba awalan URL mereka karena memungkinkan Anda untuk memverifikasi kepemilikan situs Anda dalam berbagai metode. Setelah Anda memasukkan alamat URL situs Anda, inilah yang ditunjukkannya.

 

Seperti yang Anda lihat di atas, ia meminta Anda untuk memverifikasi kepemilikan Anda.

Anda dapat melakukannya dengan berbagai cara;

  1. Dengan menggunakan akun analitik Google Anda
  2. Menggunakan pengelola tag Google Anda
  3. Dengan mengaitkan catatan DNS dengan Google
  4. tau hanya dengan menambahkan tag meta ke beranda situs Anda

Kiat cepat: Jika Anda menggunakan WordPress, instal plugin bernama RankMath SEO karena memungkinkan Anda untuk dengan cepat menghubungkan situs web Anda ke Google Search Console sehingga Anda dapat melacak bagaimana Google mengindeks situs web Anda.

Untuk memverifikasi menggunakan plugin Rank Math SEO, Anda hanya perlu kode HTML dari konsol pencarian Google Anda yang terlihat seperti ini;

 

Salin seluruh kode.

Sekarang, cukup buka pengaturan Rank Math plugin Search Console.

Begini tampilannya;

Rekatkan kode di bidang Search Console dan klik tombol "Otorisasi". Itu saja, Google akan memverifikasi kunci Anda dan Otorisasi akun Anda.

Atau, Anda juga dapat mengirimkan situs Anda ke Google menggunakan metode berikut.

Setelah Anda memiliki akun dengan GSC, masuklah ke dalamnya dan Anda akan melihat halaman konsol pencarian tempat Anda dapat menambahkan situs baru dengan mengklik “Tambah properti”.

Begini tampilannya;

 

Klik 'Tambahkan properti' di bawah tarik-turun pencarian (Anda dapat menambahkan hingga 1000 properti ke akun Google Search Console Anda).

Verifikasi kepemilikan domain Anda dengan menggunakan Metode yang direkomendasikan di atas atau Metode Alternatif yang tersedia:

Sekarang, cukup buka bagian inspeksi URL yang terlihat seperti ini;

 

Pastikan untuk memasukkan posting atau URL halaman tertentu yang Anda inginkan untuk pemeriksaan URL.

Seperti yang dapat Anda lihat di atas, kapan pun Anda ingin dengan cepat mengindeks dan mengambil sebagai Google halaman individual Anda lagi (biasanya ketika Anda memperbarui posting lama Anda), Anda dapat dengan mudah melakukannya dari Google Search Console melalui pemeriksaan URL.

Buat sitemap XML dan kirim ke Google

Peta Situs XML berisi daftar semua URL situs web seperti posting dan halaman blog. Setiap situs web harus memiliki peta situs XML karena memetakan bagaimana situs web disusun dan apa yang termasuk dalam situs web.

Perayap mesin pencari dapat dengan mudah menemukan konten situs Anda jika Anda memiliki sitemap XML karena sitemap memudahkan perayap untuk melihat apa yang ada di situs web Anda dan dengan mudah mengindeksnya.

Berikut adalah 2 hal paling penting yang perlu Anda lakukan (setelah membuat situs web atau blog).

  1. Buat peta situs XML untuk situs Anda
  2. Kirim sitemap XML situs Anda ke Google

Mari kita bicara tentang masing-masing dari mereka sehingga Anda dapat lebih mengerti.

1. Buat sitemap XML situs Anda

Ada banyak cara untuk membuat peta situs XML untuk situs Anda termasuk menggunakan alat-alat seperti Screaming Frog, XML Sitemap Generator dll tetapi jika Anda menggunakan WordPress, itu sangat mudah.

Ada plugin luar biasa yang dapat Anda gunakan untuk membuat sitemap XML dengan mudah.

Plugin ini disebut " Google XML Sitemaps ". Ini sepenuhnya gratis untuk digunakan dan jutaan orang menggunakannya di seluruh dunia untuk membuat peta situs. Ini mendukung semua jenis halaman yang dihasilkan WordPress serta URL khusus dan membuat peta situs XML untuk membantu mesin pencari seperti Google, Bing, Yahoo dan Ask.com untuk mengindeks situs Anda dengan lebih baik.

Begini tampilannya;

 

Seperti yang dapat Anda lihat di atas, Anda tidak perlu melakukan apa pun karena berfungsi di luar kotak. Cukup instal dan aktifkan plugin.

Catatan cepat: Jika mau, Anda dapat membuka halaman konfigurasi plugin, yang terletak di bawah Pengaturan> XML-Sitemap dan sesuaikan pengaturan seperti prioritas. Plugin akan secara otomatis memperbarui peta situs Anda ketika Anda mempublikasikan posting, jadi tidak ada lagi yang bisa dilakukan.

2. Kirimkan sitemap XML Anda ke Google

Untuk mengirimkan peta situs XML Anda ke Google, Anda perlu mengunjungi Google Search Console, pilih situs web Anda dan klik opsi “Sitemaps” yang terlihat seperti ini;

Kirimkan sitemap XML Anda ke Google


Tambahkan URL Sitemap Anda (Mis: sitemap.xml) dan klik tombol kirim, Anda selesai. Google akan merayapi sitemap Anda dan mulai merangkak dan mengindeks semua tautan yang tercantum dalam file sitemap yang dikirimkan.

Buat file robots.txt

Robots.txt adalah file teks di situs web Anda yang menginstruksikan mesin pencari seperti Google dan Bing tentang apa yang harus diindeks dan apa yang tidak diindeks dalam situs web Anda. Itu artinya, Anda juga dapat menginstruksikan Google apa yang harus dirayapi dan apa yang harus dihindari (jika Anda tidak ingin mengindeks halaman tertentu di situs Anda).

Berikut ini contoh file robots.txt;

 

cara membuat file robots.txt

Seperti yang Anda lihat di atas, Anda dapat memblokir URL seperti ulasan, elemen pencarian, file PDF, dll dari situs web Anda agar muncul di hasil pencarian Google.

Berita baiknya adalah Anda dapat menggunakan hampir semua editor teks untuk membuat file robots.txt untuk situs web Anda (tetapi editor teks harus dapat membuat file teks standar UTF-8).

Kami SANGAT menyarankan menambahkan file robots.txt ke domain utama Anda dan semua subdomain di situs web Anda.

Google memiliki sumber daya robots.txt yang bermanfaat untuk membuat file robots.txt.

File robots.txt hidup di root situs Anda. Jadi, untuk situs www.example.com, file robots.txt hidup di www.contohblogAnda.com/robots.txt. robots.txt adalah file teks biasa yang mengikuti Standar Pengecualian Robot.

Berikut adalah file robots.txt sederhana dengan dua aturan, dijelaskan di bawah ini:

# Grup 1

Agen-pengguna: Googlebot

Disallow: / nogooglebot /

# Grup 2

Agen pengguna: *

Izinkan: /

Sitemap: http://www.contohblogAnda.com/sitemap.xml

Inilah penjelasannya:

Agen pengguna bernama "Googlebot" crawler tidak boleh merayapi folder http://contohblogAnda.com/nogooglebot/ atau subdirektori apa pun.

Semua agen pengguna lain dapat mengakses seluruh situs.

Berikut adalah beberapa hal yang ingin Anda ketahui;

Agen-pengguna (ini adalah aturan yang berlaku untuk bot berikut)

Disallow (ini adalah jalur URL yang ingin Anda blokir)

Izinkan (ini adalah jalur URL di dalam direktori induk yang diblokir yang ingin Anda batalkan pemblokirannya)

File Peta Situs situs ini terletak di https://www.example.com/sitemap.xml

Berikut ini satu contoh lagi tentang cara menggunakannya.

Agen pengguna: *

Izinkan: / tentang / perusahaan /

Larang: / tentang /

Pada contoh di atas semua mesin pencari seperti Google dan Bing tidak diizinkan mengakses direktori / about /, kecuali untuk sub-direktori / tentang / perusahaan /.

Apakah kamu mengerti? Jadi pada dasarnya file robots.txt ada di sana untuk memberi tahu crawler mesin pencari URL mana yang tidak boleh mereka kunjungi di situs web Anda.

Penting: Pastikan untuk menambahkan file sitemap XML Anda ke file robots.txt. Ini akan memastikan bahwa spider mesin pencari dapat menemukan peta situs Anda dan dengan mudah mengindeks semua halaman situs Anda.

Anda dapat menggunakan sintaks ini:

Sitemap: https://www.contohblogAnda/sitemap.xml

  • Setelah selesai, simpan dan unggah file robots.txt Anda ke direktori root situs Anda. Misalnya, jika domain Anda adalah www.example.com, Anda akan menempatkan file di www.contohblogAnda/robots.txt.
  • Setelah file robots.txt ada, periksa file robots.txt untuk setiap kesalahan .

Anda dapat menggunakan alat-alat seperti SEObook atau generator SEOtimer robtos.txt untuk dengan mudah menghasilkan file untuk Anda dengan input halaman yang akan dikecualikan.

Buat beberapa backlink berkualitas

Tautan balik sangat penting. Jika Anda ingin situs baru Anda peringkat baik atau cepat diindeks oleh crawler pencarian Google, Anda perlu tautan.

Semakin tinggi kualitas dan tautan relevan yang dimiliki situs Anda, semakin baik bagi Anda untuk mendapatkan peringkat lebih cepat dalam hasil pencarian.

Catatan: Kami telah menulis panduan terperinci tentang pembuatan tautan di mana Anda dapat menemukan 12 cara TERBUKTI untuk membangun tautan berkualitas tinggi , jadi pastikan untuk memeriksanya.

Berikut adalah beberapa cara luar biasa untuk membangun tautan ke situs baru Anda.

Menulis posting tamu berkualitas tinggi: Salah satu cara yang selalu hijau untuk membangun tautan berkualitas tinggi dan sangat relevan ke situs Anda adalah menulis posting tamu untuk blog lain di ceruk pasar Anda.

Kami telah menulis panduan besar tentang situs posting tamu di mana Anda dapat menemukan lebih dari 250 situs untuk mengirim posting tamu secara gratis.

Anda dapat menulis posting tamu tidak hanya untuk membangun tautan tetapi untuk membangun hubungan yang kuat dengan blogger lain, mengembangkan jaringan Anda, meningkatkan lalu lintas Anda, meningkatkan merek Anda secara online dan sebagainya.

Penjangkauan Blogger: Penjangkauan Blogger adalah praktik menjangkau blogger lain untuk membangun hubungan. Kebanyakan orang melakukan kesalahan ketika mengirim email ke blogger lain yang meminta tautan. T

idak ada yang menautkan barang-barang Anda jika mereka bahkan tidak tahu nama atau merek Anda.

Itu sebabnya Anda perlu mendapatkan strategi tentang penjangkauan blogger. 

Pertama, membangun hubungan dengan mengomentari blog mereka, meninggalkan ulasan positif, membeli produk mereka, menautkan ke konten mereka dan sebagainya. 

Mereka juga akan membalas cepat atau lambat. Anda dapat membaca lebih lanjut tentang strategi penjangkauan blogger untuk mengetahui bagaimana melakukannya dengan benar.

Membuat konten epik: Membuat konten layak tautan membutuhkan waktu tetapi selalu sepadan dengan usaha dan uang Anda. Tidak ada yang menautkan ke konten biasa-biasa saja. 

Jika Anda membuat konten 10x lebih baik dari pesaing Anda, lebih mudah untuk mendapatkan tautan masuk.

Pastikan untuk menganalisis pesaing Anda, temukan apa yang berfungsi dengan baik untuk mereka, buat konten hijau yang mengalahkan konten pesaing Anda dan Anda akan menemukan banyak cara untuk mendapatkan tautan berkualitas tinggi ke situs Anda. 

Gunakan alat seperti SEMrush untuk menganalisis pesaing Anda!

Gunakan direktori blog untuk mengirimkan situs Anda

Salah satu cara tercepat untuk membuat situs Anda diindeks pada hasil pencarian Google adalah dengan mengirimkan situs Anda ke direktori blog. Sebagian besar direktori blog biasanya memungkinkan Anda untuk mengirimkan konten situs Anda secara gratis dan mereka juga memberi Anda lalu lintas dan tautan.

Jika Anda bertanya-tanya tentang direktori apa yang digunakan untuk mengirimkan situs Anda, lihat daftar situs pengiriman blog DA tinggi ini. Ini mencakup lebih dari 30 situs direktori blog otoritas domain tertinggi tempat Anda dapat mengirimkan situs Anda secara gratis.

Pastikan juga untuk membuat profil media sosial untuk situs web atau blog Anda yang baru diluncurkan.

Gunakan situs seperti Pinterest, Facebook, Twitter, LinkedIn dll untuk membuat halaman untuk situs Anda sendiri dan mengirimkan posting baru Anda di situs-situs tersebut secara teratur.

Meskipun semua tautan dari situs media sosial adalah nofollow tetapi karena otoritas domain mereka (biasanya lebih dari 80+), mereka membantu Anda mengindeks situs baru Anda di Google dengan sangat cepat.

Bagaimana Google merayapi dan mengindeks halaman Anda?

Apakah Anda mengetahuinya atau tidak, Google merayapi dan memproses miliaran halaman di web.

Perayap Google alias Googlebot memulai perayapannya dengan daftar URL halaman web yang dihasilkan dari perayapan sebelumnya dan kemudian mengumpulkan halaman-halaman itu dengan sitemap. Peta situs suatu situs dapat disediakan dalam Google Search Console.

Jika halaman baru ada di dalam sitemap situs web Anda, Google akan menemukannya dan merayapi halaman itu. Kemudian, ia memeringkat halaman-halaman itu dengan mempertimbangkan lebih dari 200 faktor peringkat Google termasuk konten, tautan, Rankbrain, dan sebagainya.

Setelah seluruh proses perayapan selesai, semua hasil akan mulai muncul dalam pencarian Google dan setiap kali Anda memperbarui konten baru, konten tersebut akan diperbarui sesuai.

Berikut ilustrasi sederhana cara kerjanya.

 

Apakah Anda ingin memeriksa apakah situs tertentu tercantum dalam hasil pencarian Google?

Cukup ketik "site: domainkamu.com."

Misalnya, inilah yang ditampilkan di Google untuk situs kami Digital Creator

Seperti yang Anda lihat di atas, situs kami terdaftar dalam pencarian Google dan lebih dari 500 halaman diindeks dalam hasil pencarian Google (termasuk halaman, posting blog, dll).

Tanya Jawab Tentang Pengindeksan Situs Web di Google

Berikut adalah beberapa pertanyaan umum seputar cara membuat Google mengindeks situs Anda.

Mengapa mengindeks situs Anda di Google?

Pengindeksan situs web atau blog Anda di Google memiliki manfaat berikut.

  • Anda dapat membuat orang lain dengan cepat menemukan situs dan konten Anda
  • Anda dapat memperoleh lebih banyak lalu lintas secara organik
  • Dapatkan lebih banyak konversi
  •  Anda dapat meningkatkan penjualan Anda (jika konten situs Anda diindeks di Google secara instan)
  • Dan daftarnya berlanjut

Berapa lama waktu yang biasanya diperlukan untuk membuat situs Anda diindeks di Google?

Jawaban singkatnya adalah: dalam 24 jam. Google memiliki spider yang merayapi informasi pencarian di seluruh web. Semakin banyak konten yang Anda miliki di situs web Anda, semakin banyak waktu yang dibutuhkan untuk diindeks di Google.

Yang dikatakan begitu mereka menemukan sitemap situs Anda, mereka akan mulai merangkak dan mengindeks konten situs baru Anda pada hasil pencarian Google.

Apakah saya perlu konsol pencarian Google untuk mengindeks situs saya?

Ya, Anda pasti harus memiliki akun di Google Search Console (GSC). Anda dapat membuat akun sendiri secara gratis menggunakan akun GMail Anda. Setelah Anda mengakses GSC, Anda dapat mulai menambahkan situs Anda untuk mengindeks dan menampilkan hasil situs Anda dalam pencarian Google.

Apa alat yang dapat membantu saya mengindeks situs saya?

Berikut adalah beberapa alat (yang semuanya gratis untuk digunakan) yang dapat Anda gunakan;

  •  Google Page Insights (untuk menganalisis kecepatan dan kinerja situs web Anda dengan cepat)
  • Screaming Frog SEO spider (ini membantu Anda dengan tautan yang rusak dan aspek-aspek Pada Halaman lainnya dan Anda juga dapat membuat sitemap XML dengan menggunakannya)
  • Konsol pencarian Google (untuk mengambil dan merangkak sebagai Google untuk pengindeksan lebih cepat dan Anda juga dapat menemukan semua masalah situs web seperti masalah perayapan)
  • Generator sitemap XML (ini adalah situs web gratis yang membantu Anda membuat sitemap XML jika Anda belum memiliki sitemap)
  • Jelajahi lebih banyak Tutorial SEO:
  • Cara Mendapatkan Cuplikan Unggulan Google untuk Konten Anda Di Tahun 2020
  • Panduan Utama untuk Menemukan kata kunci LSI pada tahun 2020
  • Bagaimana Cara Mendapatkan Peringkat Bintang untuk Ulasan Produk Anda di Pencarian Google?
  • Studi Kasus SEO: Berapa Lama Dibutuhkan Saya untuk Mendapatkan Peringkat Tinggi di Google
  • Panduan Utama untuk Meningkatkan Otoritas Domain dari Situs Web Anda pada tahun 2020

Pikiran terakhir tentang pengindeksan situs baru Anda di Google dengan cepat

Perayap mesin pencari benar-benar lebih cepat dan lebih cerdas.

Ping situs Anda, menggunakan konsol Google Search, membangun tautan dari situs lain, menghubungkan pintar - semua hal ini dapat membantu. Tetapi jika Anda tidak memiliki sitemap situs Anda, perayap penelusuran akan sangat sulit merayapi situs Anda. Satu-satunya cara untuk mendapatkan peringkat pencarian lebih cepat dengan konten Anda adalah membuat situs Anda diindeks di Google sangat cepat.

Apakah Anda menemukan panduan ini untuk membuat Google mengindeks situs Anda dengan cepat bermanfaat? Harap pertimbangkan untuk membagikannya dengan orang lain. Jika Anda memiliki pertanyaan, beri tahu kami di komentar di bawah.